BANDUNG, LK –  Mahasiswa yang bergabung dalam Tim Aksantavirya, Institut Teknologi Bandung (ITB), berhasil meraih Best Design untuk divisi wahana Fixed Wing dalam ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2017 beberapa waktu lalu.

Salah seorang anggota tim, Putra Sugesti menuturkan, Fixed Wing adalah sebuah divisi yang memiliki misi untuk monitoring dan pemetaan suatu wilayah. Timnya membuat sebuah wahana pesawat yang memiliki beberapa kemampuan dalam pemetaan, sehingga nantinya akan diolah menjadi sebuah peta yang detil. Fungsi dari fixed wing yang timnya buat yaitu memotret dari udara, monitoring, live streaming hingga recording.

“Tujuan utamanya lebih pada monitoring area konstruksi. Dengan wahana ini, misalkan sebuah developer akan mendapatkan pemetaan yang lebih detil, real time, sehingga optimasi wilayah pun bisa tercapai, saat ia hendak membangun properti,” ungkapnya saat ditemui LK belum lama ini.

Selain itu, pesawat yang memiliki daya terbang cukup kuat ini pun, mampu terbang dengan stabil dan menjangkau berbagai wilayah yang sulit dicapai lewat jalur darat. Tak hanya memiliki kemampuan yang mumpuni, pesawat ini sangat mencolok dari segi desain. Menurut Putra, timnya merancang pesawat ini dengan mekanisme canard, sehingga sistemnya memanjang, badan pesawatnya ramping, dan kekuatan terbangnya tetap stabil.

“Pada ujung canard pun kita kembangkan kamera monitoring dengan sistem gimbal. Inilah yang jadi ciri khas dengan desain tim kami, yang tidak dimiliki oleh tim dari perguruan tinggi lain. Ukuran sayapnya pun terbilang besar sehingga memungkinkan pesawat untuk ditempeli tiga kamera, yakni untuk foto udara, live streaming, dan juga recording,” ujar mahasiswa Teknik Mesin tersebut.

Tim ini beranggotakan,Putra Sugesti, Rhenetou V, M. Ilman N, Akbar Ajibaskoro, M. Ziyad, Ghifar Faris H, Christine Utomo, Aditya Prayoga, Raynald M, Willy Gomarga, Putri Nur H, Agnes Listyo Rini, Adam Adila, Ulfiani Dian, Seto Julianto, Yusuf Kurniawan, Ghifari Adam F, Faber Yosua O, Kevin Horasio, Hafiz Fadhillah, Alif Ijlal, M. Hilmi, serta Livia Maharani.

sumber: http://kemahasiswaan.itb.ac.id/welcome/tampil_berita/122/pesawat-buatan-tim-aksantavirya-raih-best-design-dalam-ajang-krti-2017