Jakarta – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, menghadiri pembukaan Forum Rektor Indonesia (FRI) 2017 yang bertempat di di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Kamis, (2/2). Menristekdikti, M. Nasir, dan Menko PMK, Puan Maharani, mendampingi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang membuka konferensi FRI 2017 yang bertemakan “Mewujudkan Amanat Konstitusi Pendidikan Nasional”.

Pada konferensi FRI kali ini dibentuk lima kelompok kerja (pokja) yang membahas hasil kerja selama setahun, yakni pokja tentang peranan haluan negara dalam perencanaan pembangunan nasional jangka panjang; pokja tentang penguatan karakter dan nilai-nilai budaya bangsa; pokja revitalisasi pembangunan kemaritiman dan sumber daya laut; serta pokja revitalisasi sistem ekonomi dan demokrasi Pancasila.

“Acara ini dimaksudkan untuk menggembleng sumber daya manusia agar berintegritas yang berjiwa baja dengan semangat gotong royong saling bahu-membahu untuk memajukan negara Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menambahkan, pada tahun ini, pemerintah akan mengeluarkan sebuah kebijakan baru dalam bidang ekonomi, yaitu kebijakan pemerataan ekonomi.  Untuk mewujudkan pemerataan ekonomi tersebut, dirinya berharap Perguruan Tinggi bisa memberikan sumbangan dalam menggembleng sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

“Saya harap Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) 2017 ini, akan lahir konsep-konsep pendidikan yang mengubah mentalitas bangsa menjadi bangsa yang lebih kompetitif dan inovatif,” ujar Presiden Jokowi.

Menristekdikti, M. Nasir juga beraharap konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) tahun 2017 dapat menghasilkan rekomendasi dan memberi masukan bagi pemerintah untuk pembangunan bangsa lewat sektor Pendidikan Tinggi yang akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing.

Selain konferensi, acara ini juga  menggelar pameran Indonesia International Education and Training Expo (IIETE) 2017 yang menghadirkan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dari dalam dan luar negeri. FRI juga akan mengadakan kegiatan kunjungan ke kampus atau campus tour. Tercatat enam kampus yang akan dikunjungi, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Bina Nusantara, Universitas Gunadarma, UHAMKA, dan Universitas Trilogi.

Acara campus tour dilakukan guna menginformasikan kepada publik bahwa perguruan tinggi siap meningkatkan kemampuan akademik, vokasi, dan kompetensi masyarakat, selain berbagi pengalaman antar perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

Usai pembukaan Konferensi FRI 2017, Menristekdikti turut bersama Presiden Joko Widodo meninjau pameran Indonesia International Education dan Training Expo 2017 bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Menteri Sekretariat Negara, Pratikno, dan beberapa Duta Besar Negara sahabat, serta pejabat Kementerian/Lembaga lainnya. (ard)

Galeri