Setelah sebelumnya mengikuti ajang A Voyage of Songs, International Choral Festival (AVOS) di  Bangkok pada 2013 dan Rimini International Choral Competition (RICC) di Italia pada 2016, pada tahun ini Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (PSM UGM) kembali mengikuti kompetisi bergengsi bertaraf internasional. Dalam rangkaian International Choral and Culture Expedition (ICCE), PSM UGM kembali menunjukkan kebolehannya dengan mengikuti The 23rd edition of The Malta International Choir Festival (MICF) pada 2-5 November 2017 di Republik Malta. Tak tanggung-tanggung PSM UGM sukses memborong tiga penghargaan sekaligus pada kompetisi yang diadakan oleh The Ministry for Tourism dan The Malta Tourism Authority tersebut.

Humas PSM UGM, Imron Wicaksono, mengatakan PSM UGM memberangkatkan tim terbaiknya. Sebanyak 32 orang penyanyi, 2 orang official, dan 2 orang pembina PSM UGM berangkat untuk bertanding di ajang tersebut. Setidaknya, PSM UGM telah melakukan persiapan selama enam bulan untuk bertanding di MICF 2017. Hasilnya, berkat arahan konduktor Agustinus Bambang Jusana dan Athitya Diah Natalia, PSM UGM sukses memenangi beberapa kategori dalam ajang MICF 2017.

“PSM UGM berhasil memenangkan beberapa kategori dalam kompetisi yang diikuti oleh 38 tim dari 19 negara di dunia itu,” kata Imron, Selasa (7/11).

Beberapa kategori yang dimenangkan PSM UGM, diantaranya juara kedua dalam kategori Sacred 1 dengan nilai 91.8% dan predikat Honorary Diploma of Excellence. PSM UGM juga menjadi juara dalam kategori Secular 3 dengan nilai 97.0%  dan predikat Honorary Diploma of Excellence. Terakhir PSM UGM juga menyabet juara pada kategori Winner of the Secular Category Grand Prix of The 23rd edition of The Malta International Choir Festival.

Atas hasil tersebut segenap Keluarga Besar PSM UGM mengucapkan terimakasih atas doa dan dukungan yang diberikan oleh Rektor UGM dan jajarannya, Triweka Rinanti and Partners, PT. Pertamina (Persero), Kementerian Dalam Negeri, Telkomsel, Galih Hadi Soemarto (GHS), PT. Bank Mandiri (Tbk.), PT. BNI (Tbk.), Solaria, KAGAMA, Gadjah Mada University Club Hotel, Keluarga Alumni PSM UGM Adiswara, dan semua pihak-pihak terkait. PSM UGM berharap dengan prestasi yang diraih bisa menambah wawasan dan pengalaman. (Humas UGM/Catur)