Sekitar 400 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kalbar menghadiri seminar perkembangan ekonomi Indonesia yang digelar Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kalimantan Barat dan Politeknik Negeri Pontianak.  Seminar ini dalam rangka memberikan informasi terkini tentang perekonomian Indonesia yang disampaikan oleh BI pusat,” ujar KPw BI Kalbar, Dwi Suslamanto, di Pontianak, Senin. Dikatakan Dwi, selain seminar juga diikuti dengan peluncuran BI Corner di Politeknik Negeri Pontianak dan SMAN 1 Pontianak.

Sebelumnya di Kalbar BI Corner sudah ada di Universitas Tanjungpura dan IAIN Pontianak. Untuk dua BI Corner yang diresmikan ini merupakan ketiga dan keempat di Kalbar,” katanya. Terkait perkembangan ekonomi di Kalbar saat ini kata Dwi sudah terus membaik meskipun masih terpengaruh dari lesunya pertumbuhan ekonomi global. Pertumbuhan ekonomi kita tidak terlepas dari dunia global terutama soal ekspor. Negara yang masih dominan berkaitan ekspor kita yakni Tiongkok dan Jepang. Kedua negara tersebut pertumbuhan ekonominya lesu sehingga juga berdampak pada Kalbar, katanya.

Menurutnya di Kalbar masih memiliki dua kendala yakni soal masih kurangnya efisiensi dan rendahnya produktivitas. Terkait tidak efisiensi kita lihat biaya logistik kita tinggi dan konektivitas kita antar daerah masih rendah, kata dia. Sementara itu, Pembantu I Direktur Politeknik Pontianak, Arianto, SE, MM mengapresiasi kepada BI yang telah menghadirkan BI Corner di kampusnya. Terima kasih BI dan saya mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas yang ada, kata dia. (erwandi/humas)