18th Asean University Games (AUG) yang berlangsung di Singapura sudah hampir seminggu berjalan dan mempertandingkan  sekitar 12 cabang olahraga. Salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan adalah cabang olahraga air yaitu Polo air.

Ditemui saat persiapan berangkat di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta menuju Singapura pada hari kamis ini (14/7), Pelatih dan Kapten Tim Polo air mengatakan bahwa persiapan Tim Polo Air sudah sangat matang.

Reza Auditya Putra sebagai Kapten Tim mengatakan “persiapan Tim Polo Air sudah sekitar 2 minggu secara intensif dilakukan di daerah Kuningan, Jakarta. Pelatih dan tim kami sangat serius menghadapi AUG ini. Tim kami ada 12 orang dan semuanya siap tempur,” ujar Reza Auditya Putra mahasiswa dari Perbanas.

Selain itu juga mengharapkan dukungan dari masyarakat Indonesia karena yang mereka bawa adalah nama bangsa.

Menurut pelatih Tim Polo Air Indonesia Tengku Dean Baldwin saingan terberat di cabang Polo Air adalah tuan rumah Singapura yang langsung akan dihadapi saat pertama kali bertanding disana. “Kami siap untuk membalas kekalahan kami tahun lalu, kami justru menunggu momen melawan tuan rumah datang, kami ingin buktikan kami bisa menang,” tegasnya.

Strategi khusus pun sudah disiapkan oleh Pelatih, pola-pola yang ditanamkan oleh Tim Nasional Polo Air akan coba diterapkan melawan Singapura dan negara lain, karena sistem yang dipakai adalah sistem liga. “Tapi untuk detail strateginya kami rahasiakan dahulu, akan terlihat saat pertandingan nanti,” ungkap Baldwin.

Tim Polo Air Indonesia sendiri berisikan mahasiswa yang berasal dari beberapa Perguruan Tinggi antara lain UI, UPI Bandung, UNJ, UT, Perbanas.

Harapan besar Indonesia ada di pundak tim dan pelatih, “Kami siap raih emas!” ucap keduanya dengan semangat. (Dzi/bkkp)