Dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Republik Ceko, IISMA bekerja sama dengan Universitas Jember Menyelenggarakan Pre-Departure Briefing

Jakarta – IISMA Pre-Departure Briefing (PDB) sebagai persiapan keberangkatan 20 awardee IISMA ke Republik Ceko diselenggarakan pada 2 September 2022 pukul 19.00 WIB atau 14.00 GMT+2 (waktu Ceko) bersama dengan KBRI Praha secara daring. Kegiatan PDB yang sudah ke-9 kalinya untuk kawasan Eropa ini merupakan hasil kerja sama antara IISMA dengan Universitas Jember.

IISMA PDB ini merupakan salah satu rangkaian pelaksanaan Program Indonesian International Student Mobility Awards tahun 2022 yang yang bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada para awardees dari 16 perguruan tinggi di Indonesia agar menjadi WNI yang baik, mengenal kebudayaan, serta informasi lainnya yang harus diketahui sebelum menjalani perkuliahan selama satu semester di Palacky University Olomouc, Republik Ceko. Program IISMA merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan Ditjen Dikti Kemendikbudristek.

Sebagai host IISMA PDB ini, Rektor Universitas Jember, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng. IPM., menyampaikan kepada para peserta bahwa kegiatan PDB ini sangat penting untuk mengawali program IISMA agar para mahasiswa dapat membekali diri untuk bisa menjalani kehidupan di tempat baru, lebih mudah menyesuaikan baik budaya untuk mendukung kelancaran proses kegiatan IISMA. Dalam sambutan dan paparannya, Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko, Kenssy D. Ekaningsih, yang juga didampingi oleh Muhamad Tiefryan Fahlensyah selaku Sekretaris Pertama Kedutaan Besar RI Praha, Republic Ceko, memberi pesan kepada seluruh awardees yang akan tinggal di Republic Ceko untuk selalu taat aturan dengan mengikuti birokrasi yang ada di Ceko dan menghormati aturan sosial yang ada dalam lingkup masyarakat setempat dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Indonesia. Selain itu mengingatkan awardees untuk selalu berupaya melakukan tindakan preventif dengan masih berlangsungnya pandemi Covid-19, meskipun aturan dan kasus di Ceko sudah mulai menurun.

Baca Juga :  Workshop Penyiapan Kegiatan Prospek untuk Maba UM

“Terkait Covid-19, ketentuan di Ceko sudah sangat longgar, orang sudah tidak lagi menggunakan masker, keadaan di sini sudah mirip seperti saat sebelum Covid-19 meski masih ada pasien positif. Lapor diri dapat dilakukan secara online setelah tiba di bandara. Untuk komunikasi bisa lewat perwakilan salah satu awardee IISMA, sehingga bisa kami bantu jika ada satu dan lain hal,” ucapnya.

Program IISMA ke Republik Ceko tahun ini merupakan tahun kedua setelah pada tahun 2021 juga mengirimkan para awardeenya ke Palacky University Olomouc. Ketua Program IISMA, Dr. Rachmat Sriwijaya, berharap agar para awardee IISMA yang akan terbang ke Republic Ceko bisa bersama-sama membawa harum bangsa dengan mempromosikan budaya Indonesia di tingkat global. Sebagai penutup materi, harapan Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko adalah mengajak seluruh awardees untuk membuat acara “Indonesia Night” di kampus saat akhir semester di Palacký University Olomouc dalam rangka ajang promosi budaya Indonesia.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Baca Juga :  Program Kampus Merdeka Ajak Mahasiswa Indonesia menjadi SDM Kreatif dan Adaptif

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
341 Views