Ditjen Diktiristek Siap Luncurkan Program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) Tahun 2022

Jakarta, 18 Maret 2022 – Setelah sukses di tahun 2021 dengan salah satu program unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yaitu  Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Kemendikbudristek lakukan soft launching pendaftaran program beasiswa Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 pada hari ini, Jumat (18/3), menyusul pembukaan portal pendaftaran IISMA pada tanggal 12 Maret 2022.

Dengan mengundang seluruh pimpinan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), pimpinan Perguruan Tinggi di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, pimpinan Kantor Urusan Internasional, dan seluruh pihak terkait dalam program ini menunjukkan antusiasme serta dukungan berbagai pihak atas program IISMA 2022.

Soft Launching ini dibuka secara resmi oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. (plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi) dan dihadiri oleh Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc. (plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan), Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng. (Rektor UGM), Erwin Tobing, S.T., M.B.A. (Ketua Project Management Office Program Kampus Merdeka), Dr. Rachmat Sriwijaya (Ketua Program IISMA), dan Dr. Andi Rahadiyan Wijaya (Wakil Ketua Program IISMA) sebagai pemberi sambutan dan narasumber dalam acara tersebut.

Baca Juga :  Dukung Transformasi Digital Pendidikan Tinggi, Ditjen Diktiristek Luncurkan Empat Aplikasi dan Satu Fasilitas Baru

Adapun tujuan dari kegiatan hari ini selain mengumumkan telah dibukanya portal pendaftaran bagi mahasiswa yang tertarik menjadi awardee atau penerima program beasiswa IISMA ini sekaligus sebagai media sosialisasi untuk prosedur pendaftaran IISMA 2022.

“Kami berharap melalui salah satu program unggulan MBKM yaitu IISMA ini adik-adik mahasiswa memiliki kesempatan yang lebih baik setelah melihat dunia lebih luas dan melakukan mobilitas internasional”, ujar Nizam.

Program IISMA 2022 bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kompetensi dan pengetahuan, serta memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri sebagai implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek. Melalui program IISMA mahasiswa dapat mengambil mata kuliah untuk pengembangan diri yang diminati dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri dan perguruan tinggi asal mahasiswa.

Dalam program ini mahasiswa dapat menempuh pembelajaran di perguruan tinggi di luar negeri yang menjadi mitra Kemendikbudristek RI selama 1 (satu) semester yang dapat disetarakan hingga 20 SKS.

Baca Juga :  Atmosfer Kampus yang Sehat Langkah Awal Implementasi Kampus Merdeka

Melalui sosialisasi hari ini akan disampaikan pula bagi peserta yang berminat untuk mengikuti program IISMA 2022 wajib mengikuti semua proses seleksi yang telah ditetapkan. Peserta dapat mendaftar dan mengirimkan berkas persyaratan pada waktu yang telah dijadwalkan. Selain itu, peserta yang telah lolos dalam tahap seleksi berkas akan mengikuti proses wawancara.

Pendaftaran program beasiswa IISMA 2022 dibuka pada periode 12 Maret – 12 April 2022. Proses dan syarat pendaftaran, daftar Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) yang telah lolos seleksi menjadi mitra dalam Program IISMA 2022, dan informasi-informasi lain yang terkait program IISMA ini dapat diakses pada website https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ dan https://iisma.id.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF/TP)

*Humas Ditjen Diktiristek*
*Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi*

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
13026 Views