Membangun Bisnis Kreatif di era Society 5.0 bersama Kemenpora

Padangpanjang, 11 September 2023. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia PadangPanjang mengadakan Kuliah Wira Muda dengan tema Membangun Bisnis Kreatif di Era Society 5.0″, di Gedung Rektorat Lantai 3 Institut Seni Indonesia Padangpanjang. Kuliah ini diikuti lebih dari 250 peserta yang diikuti secara luring dan daring. 

Rektor Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum menerima cendramata dari Kemenpora yang diserahkan oleh Analis Kebijakan Utama Drs. Imam Gunawan M.AP


 Kuliah Wira Muda merupakan program Kemenpora di bawah Deputi Bidang Pengembangan Pemuda. Program ini dilaksanakan oleh Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan pemuda. Program ini bertujuan untuk memberikan perbekalan ilmu Kewirausahaan dan mendorong pemuda untuk berani menjadi wirausahawan untuk berani menjadi wirausahawan pada gempuran era industry 5.0 yang berbasis digital. Melalui program ini, generasi muda diharapkan dapat didorong untuk menjadi penyedia lapangan kerja, bukan lagi pencari kerja. Mengingat salah satu indikator kemajuan suatu negara dapat dilihat dari seberapa banyak pengusaha yang ada dalam struktur sosialnya.

Dalam sambutannya, selaku Analis Kebijakan Ahli Utama Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Drs.Imam Gunawan, MAP mengatakan  menyampaikan bahwa kunci kesejahteraan sebuah negara adalah jumlah dan kualitas para wirausahawannya.“Mengingat betapa pentingnya peran wirausahawan bagi kesejahteraan Indonesia, maka kuliah kewirausahaan ini menjadi sangat penting untuk terus diadakan. Melalui kuliah ini, diharapkan seluruh mahasiswa dapat meningkat pengetahuan dan pemahamannya terkait kewirausahaan, dan terinspirasi untuk mulai berbisnis. Agar terus tercipta wirausahawan muda yang dapat berkontribusi bagi ekonomi Indonesia.” ucap Imam.

Baca Juga :  KECE, Handsanitizer Non-Alkohol Berbahan Tanaman Toga
Analis Kebijakan Ahli Utama Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora,
Drs.Imam Gunawan, MAP

Kemudian ditambahkan bahwa  sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk menyongsong Indonesia Emas 2045, wajib hukumnya untuk meningkatkan ketangguhan sumber daya manusia. Salah satu elemen terpenting untuk hal tersebut adalah pembangunan sumber daya pemuda. Ekosistim bisnis kreatif harus dibangun oleh wiramuda dalam era digital ini. Dalam hal ini Kemenpora bekerjasama dengan Kemendikbudristek menyelenggarakan program Academy untuk mendorong mahasiswa dalam digital enterpreneurship, jelasnya

Rektor Institut Seni Indonesia Padangpanjang Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum

Selanjutnya, Rektor Institut Seni Indonesia Padangpanjang Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora atas kerja sama dan terlaksananya kuliah Wira Muda di ISI PadangPanjang. Ia juga mengingatkan peserta pentingnya membuka diri agar bisa menjadi pengusaha yang sukses dalam dunia yang serba melek teknologi.  Febri berharap program kuliah wira muda ini dapat menginspirasi seluruh peserta untuk terus berkarya dan menuangkan kreativitasnya dengan menjadi wirausahawan yang kreatif dan inovatif.

Baca Juga :  Pelayanan Kesehatan Primer di Tingkat Akar Rumput adalah Kunci Penanganan Pandemi Covid-19

Rektor juga menegaskan bahwa ISI Padangpanjang akan menjadi lokomotif utama dalam mengembangkan program wirausaha muda. Dijelaskan juga, “Kewirausahaan adalah mata kuliah wajib di sini.  Mahasiswa boleh punya keterampilan tari, lukis, fotografi, dan lainnya, namun semua itu perlu dikuatkan dengan pengetahuan kewirausahaan, agar mereka tidak hanya mendapat kerja tapi juga bisa membuka lapangan pekerjaan,” tutur Febri dalam sambutannya.

Moderator Aryoni Ananta

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik kerjasama dan Bidang SDM Umum, Vice President PT. Pegadaian Kota Padang Tumiyem, Wakil Ketua Umum BPD Hipmi Sumbar Hiyatul Riski, Owner Rendang Kampung Guci Cherry Lenggogeni dan Owner Rendang Mizaki Pak Datuak Sri Wahyuni. Dan sebagai moderator Kuliah Wira Muda ini adalah Ketua Prodi DKV ISI Padangpanjang, Aryoni Ananta,S.Sn.,M.Sn. (rilis)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
1199 Views