Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar PkM dan Pelatihan di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi

Ketua Pelaksana PkM Dr Nila Kesumawati, MSi dan Kepala SMAN 2 Tebing Tinggi Marlina, SPd, MPd menandatangani berkas MoU.

Palembang, Humas_upgrip – Perkembangan dunia pendidikan berjalan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berangkat dari itu, seorang pendidik harus memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi dan mengembangkan media pembelajaran.

Salah satu media pembelajaran yang sesuai di era digital adalah modul elektronik (e-modul). Pembuatan e-modul menuntut guru untuk memiliki modul sendiri yang akan dikembangkan atau dibuat menjadi e-modul.

Maka dari itu, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang merasa terpanggil untuk melakukan kegiatan pelatihan pembuatan modul dan modul elektronik (e-Modul) khususnya bagi guru di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

PkM ini diketuai oleh Dr Nila Kesumawati, MSi dengan anggota Dr Destiniar, MPd, Yunika Lestari Ningsih, SSi, MPd, Dina Octaria, SSi, MPd, Putri Fitriasari, MPd, Tika Dwi Nopriyanti, MPd, Allen Marga Retta, MPd, dan Anggria Septiani Mulbasari, MPd.

Kegiatan PkM dalam bentuk pelatihan ini diikuti juga dua mahasiswa Prodi Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang, Indo Uleng dan Bactiar Arnado.

Dalam PkM ini dihadiri Kepala SMAN 2 Tebing Tinggi Marlina, SPd, MPd, para guru, dan siswa SMAN 2  Tebing Tinggi.

Kegiatan PkM ini dilaksanakan melalui dua cara, yaitu datang langsung ke SMA Negeri 2 Tebing Tinggi (luring) dan dilanjutkan secara online melalui aplikasi zoom (daring).

Dr Destiniar, MPd menyerahkan cinderamata kepada Kepala SMAN 2 Tebing Tinggi Marlina, SPd, MPd.

Pelaksanaan luring dan daring digelar pada 4, 6, 8, 29, 30 Mei, dan 2 Juni 2021. Sedangkan 2 Juni dilaksanakan acara penutupan sekaligus penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas PGRI Palembang dengan SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Baca Juga :  Yayasan Pendidikan Universitas Presiden Galang Dana untuk Membantu Tim Medis Perangi COVID-19

Berkas Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani Rektor Universitas PGRI Palembang yang wakili Ketua Pelaksana PkM Dr Nila Kesumawati, MSi dan Kepala SMAN 2 Tebing Tinggi Marlina, SPd, MPd.

Adapun materi pelatihan sebanyak delapan bahasan yang disajikan masing-masing anggota tim pengabdi dibantu oleh dua orang mahasiswa.

Dr Nila Kesumawati, SSi, MPd dengan materi berjudul Analisis Materi, Dina Octaria, SSi, MPd (Peta Modul dan Desain Modul), Allen Marga Retta, MPd (Menyusun Kerangka Modul).

Anggria Septiani dan Mulba Sari, MPd (Karakteristik Modul), Dr Destiniar, MPd dengan materi bejudul Pembuatan semua Unsur Modul: Petunjuk guru, Lembar Kegiatan Siswa, Lembar Kerja Siswa, Lembar Tes/Penilaian, dan Lembar Jawaban Tes.

Putri Fitriasari, MPd (Pengenalan dan Install aplikasi e-Modul), Yunika Lestaria Ningsih, SSi, MPd (Import File PDF/video image/SWF ke aplikasi), dan Tika Dwi Nopriyanti, MPd (Publishe-modul ke berbagai format).

Pada acara penutupan sekaligus penandatanganan berkas MoU, Ketua Pelaksana PkM Dr Nila Kesumawati, MSi dalam sambutannya menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Berfoto bersama usai kegiatan pembukaan.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

Baca Juga :  Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Fujita Health University

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.

Ditambahkan Nila Kesumawati bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Mengenai kegiatan PkM ini, menurut Nila Kesumawati, setelah memperoleh kegiatan pelatihan ini, diharapkan  para peserta dapat membuat modul dan modul elektronik.

“Dengan adanya modul elektronik maka proses belajar mengajar akan lebih menarik, siswa akan lebih termotivasi dalam belajar, sedangkan guru dapat menjelaskan materi pelajaran dengan lebih mudah dan atraktif,” jelas Nila Kesumawati.

Berfoto bersama usai kegiatan pembukaan.

Di tempat yang sama, Kepala SMAN 2 Tebing Tinggi Marlina, SPd, MPd mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih SMAN 2 Tebing Tinggi sebagai tempat pelaksanaan PkM.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Hal ini semoga dapat membantu para guru kami dalam meningkatkan mutu SDM terutama dalam Pembuatan Modul dan Modul Elektronik (E-Book),” harapnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
79 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x