Jurusan Karawitan ISI Yogyakarta Selenggarakan International Yogyakarta Karawitan Festival 2021

Jurusan Karawitan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta menyelenggarakan “International Yogyakarta Karawitan Festival 2021”, pada tanggal 10 sampai dengan 11 Desember 2021. Tema International Yogyakarta Karawitan pada tahun ini adalah  Re-Actualizing the Beauty Sound of Karawitan in The Pandemic Era. International Yogyakarta Karawitan Festival 2021 terdiri dari kegiatan pagelaran karawitan dan webinar internasional yang diselenggarakan secara daring. Pagelaran karawitan internasional akan ditampilkan secara daring pada hari Jum’at, 10 Desember 2021, pukul 19.00 sampai dengan selesai di Kanal Youtube ISI Yogyakarta. Pada hari berikutnya 11 Desember 2021, akan dilaksanakan webinar internasional yang dilaksanakan secara daring  via Zoom dan Kanal Youtube ISI Yogyakarta, pada pukul 09.00 sampai dengan 13.00 WIB. Dengan kegiatan ini akan dideskripsikan mengenai keindahan karawitan di masa pandemik, khususnya dalam konteks seni virtual serta mengetahui eksistensi dari group-grup karawitan dari dalam dan luar negeri di masa pandemi.

Baca Juga :  ITS Kembangkan Traktor Tangan Bertenaga Listrik

Pada pentas karawitan internasional akan ditampilkan group karawitan dari luar dan dalam negeri. Grup karawitan dari luar negeri yang akan melakukan pentas karawitan antara lain Singa Ngelaras Ensemble (Singapura), Lasalle Gamelan Ensemble (Singapura), Gamelan Sekar Kenangan (Jerman), Gamelan Dadali (Russia). Group karawitan dari Indonesia yang akan mengikuti pentas ini antara lain KHP Krindhamardawa Karaton Ngayokyakarta Hadiningrat, Langen Praja Pura Pakualaman, Akademi Komunitas Seni dan Budaya Yogyakarta, Trustho & Omah Gamelan, HMJ Karawitan ISI Yogyakarta, Suhardjono, Teguh, UKM Seni Pepalit, Biratama, Panji Asmara, Puspadenta, Nuansa Nada, Wiraga Ensembel, Waruga Sora (SMK N 10 Bandung), Macakal (SMK N 10 Bandung), Sanggar Seni Wiratama, Karawitan Taruna Kemuning, Kawaritan Yoga Kemuning, Karawitan Kemuning, Paguyuban Purba laras, Djomblo Ensemble dan KKM Gamelan Sawunggaling Universitas Negeri Semarang.

Baca Juga :  Menyongsong Era Merdeka Belajar, LP2M UM Gelar Webinar

Seminar internasional akan dilaksanakan dalam dua sesi. Pada sesi pertama akan disampaikan paparan dari beberapa narasumber diantara Prof. Dr. Drs. Djohan.M.Si., Prof. Dr. Djoko Susilo, S.Kar., MA., Drs. Sutrisno Satya Hartana, MA., Ph.D. Sesi kedua akan dihadirkan narasumber Anon Suneko, M.Sn., Marsudi, S.Kar., M.Sn., Drs. Teguh, M.Sn., dan Dra. Tri Suharmini R., M.Sn. Seni pertama seminar internasional ini akan dipandu oleh Brian Trinanda Kusuma Adi, S.Sn., MA., dan sesi kedua akan dipandu oleh Setya Rahdiyatmi K.J., M.Sn.

Dengan diselenggarakannya “International Yogyakarta Karawitan Festival 2021” maka akademisi dan masyarakat dapat saling bertukar ilmu di bidang karawitan, mengapresiasi perkembangan kreasi karawitan di beberapa negara dan menyaksikan roh tradisi masih menjadi orientasi garap karawitan di masa pandemi.

Poster International Jogjakarfest 2021
Poster International Jogjakarfest 2021
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
493 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x