Membanggakan! PKM-K Tim FELA Peroleh Dukungan Vistula University, Polandia Serta Raih 2 Penghargaan Tingkat Internasional

Malang. Tim PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan) Universitas Negeri Malang (UM) berhasil ciptakan Inovasi mainan berbasisi teknologi dengan papan tombol interaktif dengan layar LCD pertama di Indonesia! Hal ini disambut positif oleh kampus tingkat dunia, Vistula University, Polandia dengan dipublikasikannya FELA Playmat pada webite resmi kampus tersebut.

FELA Playmat merupakan buah karya 5 mahasiswa UM, yaitu: Bunga Almia Gane Sari Santina Putri (Pendidikan Bahasa Inggris dan Student Exchange at Vistula University, Poland), Abdillah Rayhan Izza Nurirza (Pendidikan Teknik Elektro), Muhammad Ricky Perdana Putra (Pendidikan Teknik Informatika), Nisa Haliyati Royyan (Desain Komunikasi Visual), Savarina Aurelia Callista (Manajemen). Serta dibimbing langsung oleh dosen Sastra Inggris, Ibu Hasti Rahmaningtyas, S.Pd., MA.

FOTO-GRUP-BARU-01
Tim PKM FELA UM

Sejauh ini, FELA Playmat telah menorehkan 2 prestasi tingkat internasional di bulan Juni, yakni: Gold Medal pada World Science, Environment and Engineering Competition (WSEEC) kategori education  dan Silver Medal kategori Business Plan dalam ajang Indonesia Education International Innovative Competition (IEI2C).

FELA Playmat ini ditujukan untuk membantu belajar bahasa Inggris bagi anak usia 3-6 tahun (prasekolah) dan menggunakan 4 metode pembelajaran bahasa Inggris. “Tujuan kami menggunakan 4 metode adalah untuk memaksimalkan pemahaman anak dari berbagai sisi, yaitu kinestetik, audio, dan visual,” jelas Bunga Almia yang menjadi pencetus awal ide FELA Playmat. FELA Playmat hadir dengan dilengkapi 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sehingga mudah dipahami.

Baca Juga :  Pakar Gizi IPB University Bicara Pentingnya Bangkitkan Pangan Lokal di Masa Pandemi

Menurut Bunga, metode ini lebih efektif karena pada masa golden age, anak akan mudah menerima dan mempelajari sesuatu, termasuk bahasa Inggris. Tidak hanya itu, FELA Playmat juga dilengkapi dengan papan tombol interaktif dan buku pintar, serta simulasi permainan online yang dapat diakses di website resmi FELA Playmat yaitu Felaofficial.com.

Selain bertujuan sebagai media pembantu belajar bagi anak usia prasekolah, FELA Playmat juga diharapkan mampu menekan angka kecanduan bermain gawai bagi anak usia dini. “Sehingga anak akan disibukkan dengan bermain belajar dan menghilangkan kebiasaan buruk bermain Handphone, karena kami juga mendesain FELA Playmat semenarik mungkin dengan desain batik sebagai branding buatan Indonesia serta mengenalkan anak akan budaya negeri sendiri” jelas Bunga.

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Gagas Komunitas PAPER, Bantu Pelajar Selama Pandemi

Tidak hanya guru PAUD dan TK saja, para dosen dan orang tua anak prasekolah menyambut positif kehadiran FELA Playmat. Dengan harga Rp 724.900 akan mendapatkan satu set permainan dilengkapi dengan papan tombol interaktif, buku pintar, serta QR Code yang dapat discan dengan website resmi FELA Playmat.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
192 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x