Raih Beasiswa IISMA 2022 ke Korsel dan Hungaria, Ini Cerita Dua Mahasiswi FKM Undana

Kupang – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Undana berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Betapa tidak, 2 (dua) mahasiswi semester 6 (enam) asal Program Studi (Prodi), Psikologi FKM berhasil meraih beasiswa Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) tahun 2022. Mereka adalah Putri Ariella Rihi Tugu dan Tesa Lolia Mita.

Perjuangan untuk bisa belajar selama 6 (enam) bulan di top 300 universitas dunia, berhasil ditaklukan oleh Putri – sapaan akrab Putri Ariella Rihi Tugu dan Tesa – sapaan akrab Tesa Lolia Mita. Putri ke Korea University, Korea Selatan (Korsel), sedangkan Tesa ke Pech University, Hungaria, Eropa. Lantas, bagaimanakah cerita perjuangan mereka hingga bisa meraih beasiswa IISMA 2022?

Humas Undana, Senin 1 Agustus berhasil mewawancarai kedua mahasiswi Prodi Psikologi itu di Rektorat Undana. Putri mengatakan bahwa dirinya sudah sejak lama mempunyai keinginan untuk bisa mengikuti pertukaran mahasiswa ke luar negeri. Meski begitu, banyak orang yang kemudian meragukan mimpinya untuk belajar di luar negeri.

“Saya pernah gagal dalam proses seleksi ke luar negeri, dan tidak sedikit orang yang meragukan mimpi saya untuk berkuliah di luar ngeri, tapi saya percaya bahwa saya tidak terbatas pada kata-kata orang lain,” timpal Putri. “Maka, ketika ada mimpi dalam hati, teman-teman (lain) juga akan memiliki kekuatan untuk mewujudkannya. Semangat,” ungkapnya menambahkan.

Mahasiswi Prodi Psikologi, Putri Ariella Rihi Tugu

Dirinya mengaku memilih Korea University Korsel, karena selain berkualitas, universitas tersebut bisa mendorongnya menjadi pribadi yang lebih baik. “Selain bahasa dan budayanya, universitas yang saya pilih adalah salah satu univeritas terbaik di Korea Selatan, maka yang saya harapkan adalah saya mengetahui kualitas pengajarnya, pendidikannya, dan berada di lingkungan yang kompetitif, kemudian akan mendorong saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik,” harapnya.

Ia mengisahkan proses persiapan dan seleksi sejak awal adalah dirinya mengikuti sosialisasi program IISMA, mengikutu Duolingo English Test hingga mengupload sejumlah dokumen ke portal IISMA. “Proses persiapan dan seleksi, yang pertama sosialisasi dari IRO Undana mengenai program IISMA, kemudian ada program mini course dari IRO Undana sebelum mengikuti Duolingo English Test. Setelah mengambil Duolingo English Test, kami juga memeprsiapkan berbagai persiapan adminstratif lainnya, seperti surat, esai, transkrip nilai dan lain sebagainya, kemudian kami upload ke portal IISMA,” kenangnya. 

Baca Juga :  UTU Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2021

Setelah dinyatakan lulus tahap satu, Putri dan rekannya kemudian mengikuti wawancara hingga akhirnya disebut peraih IISMA. “Setelah dinyatakan lulus tahap satu, kami juga lakukan seleksi wawancara dan setelah dinyatakan lulus wawancara, kami resmi menjadi awardees IISMA 2022,” ujarnya sumringah.

Mahasiswi Prodi Psikologi, Tesa Lolia Mita

Hal senada disampaikan Tesa Lolia Mita yang juga berhasil lulus IISMA 2022. Sejak memasuki perguruan tinggi, Tesa mempunyai mimpi untuk bisa mengikuti pertukaran mahasiswa ke luar negeri. “Untuk menjadi IISMA Awarded, ada banyak sekali rangkaian proses yang harus kita ikuti, yang pertama yaitu proses persiapan. Di sini, pendampingan IRO Undana sangat membantu kami dalam mengenal atau mengerti mengenai program IISMA ini,” cerita Tesa.

Dirinya menambahkan, memasuki proses seleksi, dibagi menjadi 2 (dua). “Pertama, proses administrasi di mana kami berurusan dengan surat rekomendasi, transkip nilai, dan EPT (English Proficiency Test). Selanjutnya, kita masuk dalam tes kebhinekaan, setelah itu kita akan menunggu apakah kita akan masuk pada proses seleksi selanjutnya (wawancara) atau tidak,” urainya. Seleksi akhir, sambung Tesa, yaitu seleksi wawancara. “Di sini kita akan melakukan wawancara dengan fully English, jadi pastikan teman-teman harus bisa berbahasa Inggris,” katanya.

Alasannya memilih Pech University, Hungaria adalah selain memiliki keragaman budaya, universitas tersebut juga menawarkan pengajaran global education. “Kesan saya memilih Universitas Pech yaitu ada dua, kita memiliki common ground yang sama di mana negara Hungaria walaupun terletak di Eropa, memiliki budaya yang sangat beragam. Selanjutnya, saya juga tertarik dengan salah satu course yang ditawarkan universitas tersebut yaitu global education, di sini saya yakin saya dapat belajar bagaimana cara untuk dapat membantu pendidikan di NTT, ketika saya Kembali,” sambungnya.

Baca Juga :  IPB University dan Universitas Pakuan Gelar Diskusi Komunikasi, Etos Kerja dan Komitmen

Generasi NTT Miliki Potensi

Kepala IRO Undana, Ir. Maria Lobo, M.Math.Sc, Ph.D

Dengan berhasilnya Putri dan Tesa, memberi bukti bahwa sesungguhnya generasi asal NTT, memiliki potensi yang baik untuk bisa bersaing dengan generasi atau mahasiswa dari wilayah lain di Indonesia atau negara lainnya. “Dengan berhasilnya saya (dan Putri) menjadi bagian dari IISMA 2022, saya percaya bahwa anak anak NTT memilik potensi besar dalam meraih mimpi mereka. Kita mampu untuk bersaing secara nasional dan nantinya berdampak secara global. Chin up (semangat-red) dan yakinlah mimpimu disertai semesta,” pungkasnya sumringah.

Diberitakan sebelumnya, Kepala International Relation Office (IRO), Ir. Maria Lobo, M. Math., Ph. D dalam penjelasannya mengatakan, tahun ini beasiswa IISMA telah dibuka sejak 12 Maret lalu, dan akan ditutup tanggal 12 April 2022. Karena itu, ia mengajak mahasiswa Undana semester 4 dan 6 untuk segera mendaftar di website https://iisma.id/.

Ia menjelaskan, tahun ini kuota yang dibutuhkan adalah sebanyak 1.100 orang. Karena itu, ia berharap agar mahasiswa Undana bisa mendaftar. Pada kesempatan itu, Maria ikut memuji kemampuan dan kemauan mahasiswa yang begitu tinggi, terutama kemampuan Bahasa Inggris, sehingga akan memudahkan untuk meraih beasiswa IISMA 2022. (rfl)

Tim Humas, Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas,

Contact Person (CP): 0813 4331 7070

Kunjungi Media Sosial Undana

YouTube: Official Universitas Nusa Cendana: https://www.youtube.com/channel/UCtB1iZTSBH9etwVDCeeD2yw

Facebook: Universitas Nusa Cendana: https://web.facebook.com/nusacendana1962

Instagram: universitas.nusa.cendana https://www.instagram.com/universitas.nusa.cendana/

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
357 Views