Unsyiah dan Unsri Sepakat Tingkatkan Kualitas Sumber Daya

Universitas Syiah Kuala dan Universitas Sriwijaya sepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan sumber daya dan peningkatan tridarma perguruan tinggi. Kerja sama in tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dan Rektor Unsri, Prof. Dr. Ir. Anis Saggaf, MSCE yang dilakukan secara virtual dari dua lokasi berbeda, Banda Aceh dan Palembang, Jumat (25/9/2020).

Prof. Anis mengatakan kerja sama antar universitas ini merupakan program yang fokus dilakukan oleh kampusnya. Terlebih saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mencanangkan program Kampus Merdeka yang mengharuskan para universitas untuk saling bersinergi dan bermitra. Walaupun menurutnya, jauh sebelum program ini bergulir, Unsyiah dan Unsri telah melakukan berbagai program yang saling menguatkan, seperti Kuliah Kerja Nyata dan penelitian bersama.

Sementara itu, Prof. Samsul menyambut baik kerja sama kedua univeristas ini. Terlebih lagi Unsyiah dan Unsri masuk dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) Wilayah Indonesia Bagian Barat.

“Sudah sepatutnya Unsyiah dan Unsri saling menguatkan, sehingga kampus di Pulau Suamtra mampu bersaing dan masuk dalam jajaran 20 besar nasional,” ujar Prof. Samsul.

Menurutnya saat ini, masih sedikit kampus di Pulau Sumatra yang masuk dalam jajaran kampus terbaik Asia maupun nasional. Untuk itu dibutuhkan kerja keras dan kerja sama, terutama dalam peningkatan publikasi jurnal di Scopus. Prof. Samsul juga mengajak Unsri untuk saling bersinergi meningkatkan publikasi dengan penelitian bersama maupun konferensi dan seminar. []

IMG_9907: Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng memberikan sambutan pada acara penandatanganan MoU antara Unsyiah dengan Universitas Sriwijaya tentang pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya, berlangsung secara virtual dari Ruang Mini Rektor, Banda Aceh, Jumat (25/9/2020).

IMG_9912: Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng melakukan penandatanganan MoU antara Unsyiah dengan Universitas Sriwijaya tentang pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya, berlangsung secara virtual dari Ruang Mini Rektor, Banda Aceh, Jumat (25/9/2020).

IMG_9924: Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng memperlihatkan bukti penandatanganan MoU antara Unsyiah dengan Universitas Sriwijaya tentang pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya, berlangsung secara virtual dari Ruang Mini Rektor, Banda Aceh, Jumat (25/9/2020).

IMG_9925: Suasana meeting Zoom acara penandatanganan MoU antara Unsyiah dengan Universitas Sriwijaya tentang pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya, berlangsung secara virtual dari Ruang Mini Rektor, Banda Aceh, Jumat (25/9/2020).